Pengenalan WebGL

Mari kita mulai ngoprek2 WebGL 😀 Mudah2an ini beneran menjadi satu set tutorial xD

Apa itu WebGL? Singkatnya WebGL adalah OpenGL yang hidup di dalam browser. OpenGL sendiri adalah satu set API yang dapat dipakai untuk membuat gambar 3 dimensi (termasuk juga 2 dimensi). Proses penggambaran yang menggunakan OpenGL biasanya akan “dibantu” dengan perangkat keras grafis (GPU) sehingga prosesnya akan jauh lebih cepat.

Kalau OpenGL aslinya adalah satu set API untuk bahasa C, maka WebGL, berhubung dia hidup di dalam browser, adalah API untuk Javascript. WebGL ini merupakan kelanjutan dari Canvas API yang hanya menyediakan fasilitas menggambar gambar 2 dimensi.

Sampai saat ini, belum semua browser mendukung WebGL. Dukungan yang disediakan juga sering bergantung dengan GPU dan driver yang dipakai. Hal ini tidak selalu berarti pengguna GPU tipe lama tidak bisa menikmati WebGL karena implementasi prosedur gambar 3 dimensi bisa saja dilakukan tanpa bantuan perangkat keras, walau efeknya proses akan berjalan lebih lambat. Pendekatan ini diambil oleh Chromium/Google Chrome yang juga menyediakan implementasi WebGL yang hanya menggunakan peranti lunak.

Untuk mencari tahu apakah browser yang Anda pakai saat ini dapat menampilkan WebGL atau tidak, kunjungi saja halaman berikut ini.

http://get.webgl.org/

Jika WebGL didukung, Anda akan menjumpai tampilan seperti berikut. Perhatikan juga ada sebuah animasi kubus berputar di halaman tersebut.

Screen Shot 2013-05-28 at 8.32.57 PM

Apakah browser yang Anda gunakan mendukung WebGL?

3 thoughts on “Pengenalan WebGL”

Leave a Reply