Memulai WebGL

Setelah sebelumnya kita berkenalan sedikit dengan WebGL, mari kita mulai membuat aplikasi WebGL. Pastikan dulu browser yang Anda gunakan mendukung WebGL agar Anda dapat melihat hasil yang diharapkan.

Jika semua sudah siap, mari kita buka teks editor dan masukkan kode berikut ini.

<canvas id="canvas" width="640" height="480">WebGL tidak didukung</canvas>

Kode di atas akan membuat sebuah area gambar yang akan dijadikan tempat menggambar gambar 3 dimensi dengan WebGL.

Persiapan dari sisi HTML sudah cukup, sekarang mari beralih ke dunia Javascript untuk mengendalikan WebGL.

Pertama, dapatkan referensi ke area gambar <canvas> yang kita buat sebelumnya.

<script type="text/javascript">

var canvas = document.getElementById('canvas');

Setelah itu, ambil pengendali WebGL dari area gambar tadi.

var gl = canvas.getContext('webgl') || canvas.getContext('experimental-webgl');

Mengapa mencoba mengambil dua hal berbeda (webgl dan experimental-webgl)? Sampai saat ini, WebGL masih bersifat eksperimental sehingga beberapa browser masih belum menjadikannya hal yang “udah pasti ada”. Maka dari itu, browser2 ini menggunakan nama experimental-webgl sebagai identifikasi pengendali WebGL.

Nilai yang dihasilkan dapat kita gunakan untuk mengecek apakah browser yang dipakai mendukung WebGL atau tidak.

if (!gl) {
  alert('WebGL tidak didukung');
}

Jika nilai keluaran tidak dievaluasi menjadi true, maka bisa diambil kesimpulan si browser tidak mendukung WebGL.

Setelah mendapatkan referensi ke pengendali WebGL, kita sudah bisa memanggil fungsi-fungsi WebGL. Sebagai contoh, fungsi untuk menghapus area gambar dengan warna tertentu.

if (gl) {
  // hapus layar
  gl.clearColor(1.0, 0.5, 0.0, 1.0); // warna oranye
  gl.clear(gl.COLOR_BUFFER_BIT | gl.DEPTH_BUFFER_BIT);
}

</script>

Jika sukses, area gambar yang dibuat seharusnya akan berwarna oranye seperti berikut.

Memulai WebGL

Selamat, aplikasi WebGL super sederhana sudah jadi! 😀

Kode lengkap dari tutorial kali ini dapat dilihat di http://fajran.github.io/webgl-tutorial/01-memulai-webgl/index.html. Seluruh kode sumber tutorial WebGL ini akan tersedia di https://github.com/fajran/webgl-tutorial.

1 thought on “Memulai WebGL”

Leave a Reply