Mengukur jarak

Buat yg ngga punya penggaris tuk ngukur jarak antara dua tempat, mari kita manfaatkan google maps untuk melakukannya :D pertama2.. install linux^W^W buka browser dan lalu buka google maps

Setidaknya ada 2 cara untuk nyari tau jarak, yang pertama adalah dg make fasilitas pencari arah alias get direction. Masukkan dua tempat yang ingin dicari tahu jaraknya lalu klik Get Direction. Kalau mau lebih bebas nentuin lokasi (baca: bisa milih lokasi scr visual dg klik/drag/drop), masukin aja lokasi yg sama untuk kedua isian tempat.

Kalau udah, drag icon A dan B di peta ke 2 tempat yg diinginkan. Jangan lupa pilih Walking agar pencarian jalan ngga harus ngikutin arah jalur yg ada. Kalau sudah, akan ada daftar Suggested Routes yg juga menampilkan jarak antara dua tempat yg dipilih.

Kalau mau bikin rute sendiri, garis rute biru yg ada juga bisa pilih-titik-di-rute lalu klik-dan-geser ke lokasi lain.

Cara kedua adalah dg memanfaatkan fitur eksperimental yg ada di google maps labs.

Nyalain fitur Distance Measurement Tool

Kalau sudah, nanti di bagian kiri bawah layar peta akan ada icon penggaris yg kalau diklik akan memunculkan Distance Measurement Tool untuk mencari tahu jarak

Klik titik-titik pada peta untuk membuat rute. Nanti google maps akan scr otomatis menampilkan jarak rute tsb.

Dengan demikian anda telah menghemat uang untuk membeli penggaris^W meteran xD

This entry was tagged . Bookmark the permalink.

9 Responses to Mengukur jarak

  1. cardepus says:

    Oh, harus right click ya?????

    Gw udah coba2 cuman gara2 si klik kanan, kaga bisa mulu :P

    Thx yah Iang buat tutorialnya :D

  2. ajay says:

    (yay)

    iyah di gua tetep gak bisa :( ugh..

  3. iang says:

    @olin: klik kanan? ngga ah.. klik kiri semua kok

  4. kusut says:

    gw dah nyoba, tp di web laen yg pake layanan google maps (beda UI^H^Hantarmuka dikit)

    klik 2 titik ntar di cari jaraknya, bisa “snap to roads” jd lewat jalan, ga motong2

  5. kunderemp says:

    Coba cari ‘get direction’
    1. Dari Beijing ke Tokyo
    2. Dari Tokyo ke Washington DC.

    :D

  6. iang says:

    @kunderemp: tokyo ke washington dc itu tanggung.. mending dari melbourne ke new york

  7. ajay says:

    aih berhasillll!!!! iyah pake klik kanan guah…. ternyata jarak dr kosan gua ke bumi wiyata itu 1.2 km-an.. jarak dari kantor ke pasfest itu 3 km-an :D

  8. Caang says:

    Kalo dari tempat tingggal saya Lulut – Bogor ke Mekkah – Arab jaraknya berapa KM Om?

  9. Caang says:

    Terima kasih kang atas repo Ubuntu-nya

Leave a Reply