OpenCL – persiapan

wah udah lama gak nulis2 😛

Tiba-tiba saya lagi pengen nulis mengenai petualangan dengan OpenCL berhubung saya lagi nyoba2 mainan yg satu ini. Jadi.. siap2 😀 Tuk bagian pertama, mari kita lakukan persiapan agar bisa mulai main2..

Kalau make Mac OS X Snow Leopard, silakan langsung tunggu tulisan berikutnya. Pustaka OpenCL sudah terpasang jadi ya tinggal pake saja 😀

Kalau make Linux dan kebetulan make vga card NVIDIA seri 8000an ke atas (intinya sudah dukung CUDA), maka coba pasang driver NVIDIA versi 190an ke atas (tepatnya saya kurang tahu) karena driver ini sudah menyertakan pustaka OpenCL. Paket nvidia-current yang dibawa oleh Ubuntu 10.04 (versi 195.36.24-0ubuntu1~10.04) sudah menyertakan pustaka OpenCL juga loh.

Kalau ngga make vga card NVIDIA tapi menggunakan ATI (Windows maupun Linux) err.. mulai seri berapa ya? maap saya gak tau, maka pasang dulu ATI Stream SDK. Baca petunjuk instalasinya untuk informasi lebih lanjut. Nanti saya akan tuliskan juga langkah-langkah instalasinya bagi pengguna Linux. Instalasi driver ATI juga mungkin (seharusnya?) diperlukan. Berhubung saya ngga make vga card dari ATI, maka saya tidak bisa memastikan hal ini.

Bagi pengguna Windows dan NVIDIA, silakan pasang CUDA Toolkit.

Bagi yang ngga make NVIDIA maupun ATI, jangan khawatir karena OpenCL juga bisa jalan di atas CPU, walau saya gak tau CPU seperti apa yang didukung 😛 Pasang saja ATI Stream SDK karena driver OpenCL dari ATI ini mendukung eksekusi OpenCL di atas CPU. Oh ya, ATI Stream SDK ini gak mensyaratkan penggunaan hardware apapun dari ATI. Saya aja bisa memakainya di atas komputer dg Intel Core2 Duo dan NVIDIA 320M.

yak sekian dulu.. selamat bersiap2 😀

sekedar pemicu tambahan..

>>> import pyopencl as cl
>>> for platform in cl.get_platforms():
...     for device in platform.get_devices():
...         print '- %s' % device.name
...
- Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU     P8600  @ 2.40GHz
- GeForce 320M

Leave a Reply