Instalasi PyOpenCL

Dalam petualangan saya dengan OpenCL ini, saya sengaja mencari jalan pintas agar cepat akrab dengan OpenCL. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahasa “yang gak terlalu rewel” seperti Python dalam membuat aplikasi yang nanti akan menggunakan OpenCL ini. Kode OpenCL sendiri tetap ditulis dalam bahasa yang digunakannya, yaitu subset bahasa C, namun aplikasi yang menggunakannya ditulis dalam bahasa Python. Untuk menggunakan OpenCL dari Python, kita bisa menggunakan PyOpenCL yang akan saya tunjukan proses instalasinya.

Bagi pengguna Ubuntu 10.04, saya sudah membuatkan paketnya dan meletakkannya di Launchpad PPA saya. Jalankan perintah berikut untuk memasang paket tsb.

$ sudo apt-add-repository ppa:fajran/opencl
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install python-pyopencl

Bagi yang tidak menggunakan Ubuntu 10.04, lain kali akan saya tunjukkan cara instalasi manualnya. Tadinya mau ditulis juga tapi kok ada yang mengganjal 😀 Panduan resminya ada juga loh, jadi gak usah nunggu saya juga 😛

Untuk menguji apakah PyOpenCL sudah dapat digunakan, silakan coba jalankan kode Python berikut.

import pyopencl as cl

for platform in cl.get_platforms():
    print 'Platform:', platform.name
    for device in platform.get_devices():
        print '-', device.name

Simpan dalam sebuah berkas, misalnya opencl-devices.py, lalu jalankan.

$ python opencl-devices.py
Platform: ATI Stream
- Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU     P8600  @ 2.40GHz
Platform: NVIDIA CUDA
- GeForce 320M

Sepertinya sekian dulu bagian awal dari petualangan bersama OpenCL. Seharusnya seluruh yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi OpenCL sudah ada, mulai dari driver, pustaka OpenCL, dan juga bahasa pemrograman yang dapat digunakan.

Setelah ini kita akan mencoba membuat aplikasi OpenCL dengan PyOpenCL.

Leave a Reply