Instalasi ATI Stream SDK di Linux

Andai ingin menjalankan aplikasi OpenCL namun tidak menggunakan VGA card yang mendukung (seperti NVIDIA dan ATI), Anda masih memiliki peluang untuk menjalankan aplikasi tersebut di atas CPU karena OpenCL memang memungkinkannya. Salah satu pustaka OpenCL yang mendukung hal ini adalah ATI Stream SDK. Menurut daftar hardware yang didukung oleh SDK ini, CPU yang didukung adalah CPU yang memiliki SSE3. Silakan cek artikel terkait di Wikipedia untuk melihat daftar CPU yang memiliki SSE3.

Apa yang akan saya tulis ini sebenarnya juga tertulis dalam petunjuk instalasi yang disediakan oleh ATI. Jadi akan lebih baik jika panduan utama tersebut juga dilihat.

Untuk memasang ATI Stream SDK ini, ada satu berkas yang harus dipasang di bawah direktori /etc sehingga Anda memerlukan akses root. Berkas-berkas lainnya sendiri tidak perlu diletakkan didirektori khusus dan pada dasarnya bisa diletakkan di mana saja.

Mari kita mulai memasang pustaka OpenCL ini..

Pertama, unduh dulu ATI Stream SDK dari http://developer.amd.com/gpu/atistreamsdk/pages/default.aspx. Ada dua berkas yang harus diunduh, yaitu ati-stream-sdk-v2.1-lnx32.tgz (atau yg versi 64 bit) dan icd-registration.tgz. Arsip untuk sistem 64 bit juga berisi berkas-berkas untuk sistem 32 bit. Jadi jika Anda memiliki mesin 32 bit dan 64 bit, cukup unduh arsip untuk sistem 64 bit saja.

Kedua, ekstrak berkas SDK (saya menggunakan yang versi 64 bit) ke sebuah direktori, katakanlah /home/iang/apps.

$ mkdir /home/iang/apps
$ cd /home/iang/apps
$ tar xzf /path/ke/ati-stream-sdk-v2.1-lnx64.tgz

Nanti akan terbentuk direktori ati-stream-sdk-v2.1-lnx64 dengan segala isinya.

Ketiga, ekstrak berkas icd-registration.tgz ke sebuah direktori. Anda akan menemukan direktori etc/OpenCL/vendors/ dengan sebuah berkas bernama atiocl32.icd dan atiocl64.icd. Kedua berkas ini harus disalin ke dalam /etc/OpenCL/vendors/ (inilah mengapa akses root diperlukan). Berkas ICD ini berisi daftar driver OpenCL yang terpasang.

$ sudo mkdir -p /etc/OpenCL/vendors/
$ sudo cp etc/OpenCL/vendors/* /etc/OpenCL/vendors/

Percaya atau tidak, tahap instalasi sudah selesai! Jika Anda juga membaca panduan instalasi yang diberikan oleh AMD/ATI, maka bisa dilihat saya melewatkan tahapan ke 2, 3, dan 4. Ketiga tahap tersebut tetap akan penting untuk dilakukan namun belum kita perlukan sampai saat ini, namun nanti pada saat kita sudah siap melakukan kompilasi dan eksekusi aplikasi OpenCL.

Bagi yang sudah tidak sabar untuk mencoba, Anda bisa mencoba mengkompilasi aplikasi contoh yang diberikan oleh ATI. Jalankan saja perintah berikut.

$ cd /home/iang/apps/ati-stream-sdk-v2.1-lnx64/
$ export LD_LIBRARY_PATH=$LD_LIBRARY_PATH:/home/iang/apps/ati-stream-sdk-v2.1-lnx64/lib/x86_64
$ make

Semua aplikasi contoh akan dikompilasi dan jika memang semua yang dibutuhkan sudah ada di komputer Anda, maka perintah make tadi akan selesai dengan sukses. Pada kasus saya, make berakhir dengan kegagalan karena pustaka aticalrt tidak ditemukan di komputer saya.

Namun walaupun begitu, sebagian aplikasi sudah terkompilasi dan dapat saya coba.

$ cd samples/opencl/bin/x86_64
$ ./Mandelbrot --size 512

Leave a Reply