Ubuntu di MacBookPro 7,1

Gara-gara ada chip yg dipake oleh MacBookPro 7,1 (yaitu MCP89) yang ngga akur dengan Linux, maka SATA controller yang ada tidak bekerja. Alhasil harddisk dan dvdrom ngga dikenali oleh Linux dan gak bisa nginstal Linux. Sebuah laporan bug juga akhirnya dibuka, mempertanyakan mengapa kok Linux gak bisa bekerja.

Tiga puluh tiga komentar kemudian, sebuah patch akhirnya dibuat dan dikirim ke upstream. Patch ini mengakali masalah yang ada agar Linux menggunakan driver generic yang dapat digunakan sehingga harddisk dan dvdrom dapat dikenali dan dipakai. Seseorang pun akhirnya memasangkan patch tersebut ke kernel yang dipakai oleh Ubuntu dan membuat ulang cd instalasi Ubuntu 10.04 yang bekerja di MacBookPro 7,1!

CD dengan patch ini dapat langsung diunduh di http://macbookpro7-1.daviey.com/. Bagi pengguna Internet di Indonesia, saya sudah menyalin berkas ISO CD tadi ke Kambing di http://kambing.ui.ac.id/iso/misc/ubuntu-10.04-amd64-mbp7.1/.

Perlu dicatat, karena cuma make driver generic (dan ternyata DMAnya juga belum nyala di patch pertama ini), kinerja pengaksesan harddisk akan terasa lambat. Patch baru yang sudah memaksa DMA agar aktif sudah ada, mari kita tunggu ada yg ngepatch kernel yg dipake Ubuntu dan membuat cd instalasinya lagi *males bikin ndiri* hehe..

Leave a Reply