Setelah lulus sekolah di Belanda..

.. kalau mau dan butuh, dokumen seperti ijazah bisa dilegalisir agar (mungkin) “semakin diakui”. Legalisir ini mungkin perlu andai mau nerusin kerjaan di dunia akademis, tapi entahlah ini jg cuma kira2 aja hehe..

Berhubung ngga ada salahnya dan gak ada ruginya (err.. tetep perlu keluar uang yg ngga sedikit sih), saya memutuskan untuk melegalisir ijazah saya. Setelah tanya teman dan baca petunjuk di website organisasi terkait, saya harus ke tiga tempat untuk melegalisir ijazah saya, yaitu IB-Groep di Groningen, Departemen Luar Negeri Belanda di Den Haag, dan ke KBRI yang juga di Den Haag.

Sebelum datang ke IB-Groep, saya perlu mengirim salinan dokumen yang mau dilegalisir ke mereka, bisa via surat, fax, maupun email. Mereka akan mengecek dulu apakah dokumen tsb bisa dilegalisir atau tidak. Setelah mendapat konfirmasi, baru kita bisa datang ke kantor mereka sambil membawa dokumen aslinya. Sebenarnya mereka juga menerima pengiriman dokumen melalui surat, namun datang dibawa langsung sepertinya lebih baik. Dengan kata lain, saya akan ke Groningen.

Groningen berada di Belanda bagian utara, sejauh 2.5 jam perjalanan naik kereta dari Amsterdam. Hari Rabu kemarin, saya berangkat jam 9 pagi demi mendapatkan diskon karcis sebesar 40% sehingga saya cukup perlu bayar sekitar 25 euro saja. Berhubung saya jg mau ke Den Haag, saya membeli tiket sehari penuh bebas ke mana saja di Belanda seharga sekitar 26 euro, sudah dipotong diskon. Perjalanan ternyata tidak begitu lancar berhubung kereta pertama yg perlu saya naiki telat sekitar 20 menit ditambah salah milih kereta sehingga perjalanan jadi mundur 1 jam -_-

Sampe di Groningen jam 12 lewat, saya lgs ke kantor IB-Groep yg ngga begitu jauh dari stasiun, sekitar 10 menit jalan kaki. Ternyata kantor IBGroup itu kecil dan cukup terpencil sampe2 agak susah nyari pintu masuknya, petugas yg terlihat di sana jg paling cuma 2 atau 3 orang. Saya serahkan ijazah saya dan tidak sampai 10 menit kemudian legalisir tahap pertama ini selesai. Saya jg perlu bayar 6 euro tuk “minta cap” di IBGroep ini.

Sebelum pulang, saya diberi petunjuk ke mana saya harua pergi selanjutnya, yaitu ke Deplu Belanda. Ternyata e ternyata, setelah saya baca, bagian legalisir di Deplu Belanda cuma buka sampe jam 12.30 -_- batal deh ke Den Haag hari itu. Besok2 lagi deh..

Hari Jumat ini saya menyempatkan waktu lagi tuk ngurusin legalisir setelah hr Kamis kemarin ngga bisa krn harus nunggu kiriman dokumen penting =D berangkat jam 9 lewat dan sampe di tujuan sekitar jam 10.30. Nomor antrian menunjukkan saya harus nunggu 8 org di depan. Ngga nyampe 10 mnt kemudian, nomor saya dipanggil dan lalu saya menyerahkan ijazah saya tuk dilegalisir. Biaya “cap” di sini ternyata 10 euro per lembar. Saya diberi tahu bahwa dalam stengah jam, dokumen saya akan siap dan tunggu panggilan. Sekitar dua puluh menit kemudian nomor saya dipanggil. Saya ambil ijazah saya dan lalu pergi ke KBRI.

Bagi yang ingin melegalisir di Deplu Belanda, sebaiknya dokumen sudah diserahkan sbelum jam 11.30 karena mereka bisa menjanjikan legalisir akan selesai dalam 30 menit. Jika lewat dr jam 11.30, maka dokumen bisa (harus?) diambil keesokan hari. Kira2 begitu informasi yg tertulis di sana.

Sekitar jam 11.30 saya sampai di KBRI. Lgs disambut dg bunyi bel di depan pintu yg menandakan kunci pintu sudah dibukakan dari dalam hehe.. Saya tanya ke petugas di depan kalau mau legalisir mesti ke mana dan dijawab dg “tanya aja di dalam” -_ya sudah saya masuk dan naik ke lantai satu, tempat dulu saya ganti alamat di paspor. Di lantai atas memang ternyata ada loket tuk urusan legalisir. Baguslah berarti gak nyasar hehe.. Ngurusin legalisir di KBRI ini ngabisin waktu sekitar 15 menit dan biayanya 20 euro per lembar, duh makin mahal lagi -_– Setelah semua beres, akhirnya saya pulang dg membawa ijazah yg sudah mendapat 3 buah cap legalisir dr 3 tempat berbeda.

Sbg rangkuman, kalau mau melegalisir dokumen sekolah di Belanda, tahapannya adalah sbg berikut:

  1. Kirim salinan dokumen yg mau dilegalisir ke IB-Groep via surat, fax, atau email dan tunggu konfirmasi dr mereka
  2. Setelah dapet konfirmasi dari IB-Groep, datang ke kantornya di Groningen sebelum jam 16.00 dg membawa dokumen aslinya. Ada biaya 6 euro tuk setiap dokumen yg ada. Alamat: Steenhouwerskade 10, 9718 DA Groningen
  3. Datang ke Deplu Belanda (Ministrie van Buitenlandse Zaken) di Den Haag sbelum jam 11.30. Biaya legalisir sebesar 10 euro per dokumen. Alamat: Bezuidenhoutseweg 67, Den Haag
  4. Datang ke KBRI ke bagian konsuler di lantai satu. Biaya legalisir 20 euro per dokumen asli. Alamat: Tobias Asserlaan 8 2517 KC Den Haag

19 thoughts on “Setelah lulus sekolah di Belanda..”

  1. Eh Dji, emangnya legalisir di UI ribet yah? Perasaan cuman ambil dan isi form doang, terus di cap deh….

    Eh…Iang, berarti legalisir di KBRI itu yang paling mahal yah? Hmmm…ga bisa gitu gratis kan sesama org Indonesia atau diskon atuh…masa paling mahal sendiri sih 😛

  2. Ini maksudnya yang dicap tuh ijasah aslinya ato fotocopynya aja? yah kalo aslinya belepotan dong penuh cap >.<

  3. Thanks infonya. Udah capek duluan nih ngebayangin mesti ke Groningen 😆 dari tempat saya 4 jam one way… Berarti mesti dua hari ya, besoknya baru bisa ke minbuza dan KBRI.
    Tapi eh kenapa sih KBRI pasang harga mahal bener padahal kan student udah mao pulang duitnya udah cekak juga -_-“

  4. Thanks a lot atas info nya ya 🙂
    Hikss..tapi ik gak punya kartu diskon, terpaksa dech nguras kantong lebih dalam 🙁

  5. Hai,
    Saya Singgih, sedang study di Tilburg. Mau tanya dong, dari kirim email ke DUO untuk permohonan legalisir mereka balas email nya berapa lama ya sejak ngirim email tersebut?
    Terima kasih,

    Salam.

  6. Waa mahal banget ya total biaya utk legalisir saja.. huhuhu.. sedih…
    Kalo untuk legalisir fotokopi ijazah dan transkrip nilai, apakah harus melalui proses yang sama juga atau bisa di kampus saja ya?
    Saya baru saja lulus studi di Erasmus. Tapi bingung mengenai legalisir dokumen2 ini.

    Thanks

    1. Makanya saya cuma ngelegalisir dokumen yg kira2 penting2 aja. Tuk fotokopian, saya kurang tahu juga. Biar pasti, coba tanya orang bidang akademis di kampus 😀

  7. Halo, saya mau bertanya dokumen yang perlu dilegalisasi oleh DUO, kemenlu Belanda, dan KBRI itu apakah hanya degree certificate saja atau bersama dengan transcript/academic record? Thanks

Leave a Reply