Ubuntu versi netinst

Debian punya satu tipe CD bernama netinst dapat digunakan untuk melakukan instalasi Debian secara minimalis. CD tersebut hanya berisi installer dan paket-paket dasar yang dibutuhkan untuk membangun sistem yang minimalis. Selain itu, ada juga versi business card yang hanya berisi installer sehingga akses ke repositori mutlak dibutuhkan untuk menginstal sistem, walau hanya melakukan instalasi minimalis.

Kedua jenis CD ini sangat berguna untuk melakukan instalasi sistem yang “bersih” dimana sistem hanya berisi paket-paket yang memang (pada umumnya) mutlak diperlukan saja. Dengan demikian, sistem dapat “dibangun” secara incremental dengan memasang paket-paket lainnya yang memang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika ingin membangun sebuah web server, yang sebenarnya dibutuhkan kan hanya sistem dasar dan web server saja. Aplikasi lain yang tidak berhubungan sebenarnya (atau bahkan sebaiknya) tidak perlu dipasang.

Hari ini saya perlu memasang Ubuntu di dalam VirtualBox. Instalasi yang saya inginkan adalah instalasi yang super minimal seperti halnya yang dapat dihasilkan dengan menggunakan Debian versi netinst. Namun sayangnya Ubuntu tidak punya versi netinst sehingga saya harus menggunakan Ubuntu edisi server yang masih bisa digunakan untuk instalasi minimalis dengan tidak memasang paket-paket lainnya yang ditawarkan pada saat instalasi. Sayangnya lagi, saya sedang di kampus dengan koneksi wireless dan males nunggu 10-30 menit untuk mengunduh Ubuntu Server yang sekarang besarnya sudah sekitar 600MB.

Namun ternyata.. setelah Googling sedikit.. Ubuntu punya versi netinst! lebih tepatnya business card! Berkas ISO versi ini sangat kecil, hanya sekitar 20MB. CD ini hanya berisi installer dan paket-paket dasar yang perlu diinstal akan langsung diambil dari repositori.

Ada di manakah ISO CD Ubuntu versi super minimal ini? Memang sepertinya tidak ada keterangan resmi di website Ubuntu. Namun ada satu buah halaman wiki yang menerangkan hal ini. Silakan cek https://help.ubuntu.com/community/Installation/MinimalCD.

Halaman indeks menuju tempat mengunduh CD minimalis ini bisa dilihat di http://cdimage.ubuntu.com/netboot/. Pilih versi dan arsitektur yang diinginkan dan unduh berkas mini.iso. Ingat, Anda membutuhkan akses ke repositori untuk memasang Ubuntu versi minimalis dengan ISO CD ini.

Ah.. ternyata proses instalasi yang saya lakukan sambil menulis tulisan ini sudah hampir selesai.. sampai jumpa lagi! =D

Leave a Reply