Restrukturisasi repositori openSUSE di Kambing

tl;dr Repositori openSUSE di Kambing tidak mengikuti struktur standar yang diberikan oleh openSUSE sehingga akan direstrukturisasi ulang agar mengikuti struktur asli.

Kalau melihat rsync.opensuse.org, openSUSE mengelompokkan repositorinya ke dalam beberapa modul rsync yang mungkin bisa dikelompokkan lagi menjadi hotstuff, updates, full, dan buildservice. Menurut dokumentasi tentang mirror repositori openSUSE, kelompok hotstuff berisi berkas-berkas yang paling sering diminta dan kelompok full berisi apa saja yang ada di download.opensuse.org. Kelompok updates dan buildservice masing-masing berisi paket-paket perbaikan dan berkas-berkas dari openSUSE Build Service.

Kali ini saya hanya akan membahas mengenai isi kelompok hotstuff dan full karena keduanya mungkin yang paling sering banyak dipakai. Isi kelpompok updates sudah termasuk di dalam kedua kelompok tersebut sehingga tidak perlu dibahas secara khusus. Untuk kelompok buildservice, sepertinya isinya tidak terlalu relevan untuk pengguna akhir (cmiiw) jadi tidak akan dibahas juga.

Kembali ke isi repositori. Kalau melihat isi kelompok hotstuff 160GB, kelompok ini hanya berisi repositori untuk openSUSE 11.1 (bukan yang terbaru kan nih?), update untuk 10.3 sampai 11.2, dan sebuah direktori repositories yang sepertinya berisi paket-paket terbaru yang dikelompokkan berdasar kategori tertentu. Berbeda dengan kelompok hotstuff, kelompok full tidak memiliki direktori repositories namun kelompok ini berisi memiliki repositori untuk openSUSE versi 11.0, 11.1, dan 11.3-Milestone1 yang masih dalam masa pengembangan.

Bagi yang ingin melihatnya sendiri, coba jalankan perintah berikut.

$ rsync -av rsync.opensuse.org::opensuse-hotstuff-160gb/ > opensuse-hotstuff-160gb.txt
$ rsync -av rsync.opensuse.org::opensuse-full/ > opensuse-full.txt

Tenang saja, perintah di atas tidak akan menyalin seluruh berkas yang ada melainkan hanya akan mengambil daftar berkas yang ada di dalamnya lalu dimasukkan ke dalam berkas opensuse-hotstuff-160gb.txt dan opensuse-full.txt. Buka kedua berkas tersebut untuk melihat apa yang ada di dalam repositori.

Sekarang coba lihat repositori openSUSE di Kambing.

$ rsync -av kambing.ui.ac.id::kambing/ > kambing.txt

Repositori di Kambing memiliki direktori repositories dan juga repositori untuk openSUSE versi 11.0 sampai 11.3-Milestone1! Kok bisa? padahal kan keduanya seharusnya berada dalam kelompok berbeda (menurut rsync.opensuse.org). Jawabannya adalah karena Kambing menggabungkan kedua kelompok tersebut. Isi opensuse-full yang ditambahkan dengan direktori repositories dari opensuse-hotstuff-160gb. Dengan melakukan hal ini sebenarnya Kambing telah membuat sesuatu yang tidak standar (mencampurkan dua repositori) dan sepertinya tidak baik untuk diteruskan.

Dalam beberapa hari ke depan, Kambing akan tobat melakukan penyimpangan ini dan akan melakukan restrukturisasi ulang repositori openSUSE. Penggabungan dua repositori ini akan dihapuskan dan akan kembali dipecah menjadi dua buah repositori terpisah, sesuai aslinya. Berikut ini struktur baru yang akan dibuat.

Berkas ISO tentu saja juga tidak akan dimasukkan karena memang sengaja dipisahkan di ftp://kambing.ui.ac.id/iso/opensuse/. Isi direktori khusus ISO ini diambil dari opensuse-full dengan mengatur agar hanya berkas ISO yang diambill. Tenang saja, struktur direktori tetap sama seperti aslinya.

1 thought on “Restrukturisasi repositori openSUSE di Kambing”

Leave a Reply