MongoDB dan Ubuntu 8.04

Stelah ngoprek2 tiga hari belakangan ini, akhirnya jadi juga paket MongoDB 1.0 dan PyMongo 0.6 tuk Ubuntu 8.04. Silakan disedot dari Launchpad PPA saya bagian MongoDB =D

https://launchpad.net/~fajran/+archive/mongodb/

Seperti yang tertulis di website MongoDB, SpiderMonkey yang dibawa Ubuntu 8.04 tidak memiliki dukungan terhadap UTF-8. Jadi kalau Anda sekalian sangat membutuhkan UTF-8, mending compile sendiri aja semuanya sendiri ya =P atau pake yang sudah dibuatkan oleh MongoDB. Cek saja langsung di halaman download MongoDB.

Selamat menikmati..

2 thoughts on “MongoDB dan Ubuntu 8.04”

  1. MongoDB itu document based database. Yang disimpan itu dokumen dalam format JSON (tepatnya BSON), bukan data dalam kolom2.

    Setiap dokumen ini punya semacam primary key, namanya _id, yang juga menjadi bagian dari dokumen itu sendiri. JSON itu kan pada dasarnya berisi key, value data walau value ini bisa berupa dokumen JSON yang lain. Setiap key yg ada bisa dipandang sebagai sebuah kolom dan bisa dijadikan sebagai dasar dalam melakukan pencarian.

    Berhubung pada dasarnya MongoDB itu menyimpan dokumen, jadi dokumen yang bisa disimpan bisa apa aja dan gak perlu sama tuk setiap entrynya. Key/Value yg ada di dalam dokumen bisa berbeda, bisa ditambah, bisa dihapus, terserah.

Leave a Reply