Yang janggal adalah..

Pada tulisan saya sebelumnya, saya membuat sebuah kuis kecil. Namun sepertinya belum ada yg ngeh apa yg janggal 😛 Setidaknya yg sesuai dg yg saya pikirkan.

Jawaban yg saya maksud bisa dilihat pada nomor 4 di sana.

[email protected] /Library/Printers
$ rm -rf *

Saya, tanpa menggunakan akses root, bisa menghapus isi direktori /Library/Printers! Kalau menurut saya, direktori ini bukan berada di wilayah user biasa dan seharusnya hanya bisa dimodifikasi oleh root. Andaikan bisa oleh user biasa, elevasi hak akses rasanya tetap diperlukan (misalnya dg sudo).

User pertama yg dibuat di Mac OS X memang termasuk dalam grup admin yang memang memiliki hak khusus untuk menjalankan sudo. Sama persis dg yg ada di Ubuntu. Namun ternyata direktori-direktori sistem yang ada tidak selalu mewajibkan akses root ini. Contohnya ya direktori /Library/Printers itu.

[email protected] /Library
$ ls -l | grep Printers
drwxrwxr-x    3 root  admin   102 Aug 12 15:06 Printers

Direktori tersebut membolehkan akses tulis oleh user dalam grup admin. Artinya siapa saja yg termasuk dalam grup admin dapat mengubah isi direktori tersebut secara langsung tanpa perlu menggunakan sudo.

Direktori serupa lainnya adalah /Applications yang biasa menjadi lokasi meletakkan bundle aplikasi. Instalasi aplikasi di Mac OS X memang sangat gampang. Buka arsip aplikasi, lalu drag-and-drop bundle aplikasi ke direktori tersebut. Voila! aplikasi sudah siap digunakakn. Untuk menghapusnya, cara sebaliknya dilakukan. Cukup drag-and-drop bundle aplikasi di /Applications ke Trash! Tentu saja sampah-sampah aplikasi tersebut tidak ikut terbuang. Makanya ada aplikasi semacam AppTrap dan AppZapper yang membantu menghapus sampah-sampah yg ada.

Kembali ke masalah permission, saya belum mencari tahu alasan dibaliknya. Mungkin saja keputusan rancangan yg ada memang seperti ini. Tapi seharusnya, menurut saya, ada alasan kuat di belakangnya.

Leave a Reply