Multi-touch

Berhubung sudah lebih dari 6 bulan terakhir saya ngoprek2 multi-touch table dg cara membuat aplikasinya, saya jadi pengen bikin tulisan atau tutorial berantai mengenai mainan yg satu ini. Saya akan beri tanda seluruh postingan yg terkait dg tag multitouch supaya bisa lebih mudah diikuti =D Tuk memulai, saya akan cerita sedikit mengenai apa itu multi-touch display, table, application, dan sebagainya.

***

Kalau menurut pelajaran komputer yg mungkin biasa diajarin, secara umum komputer punya 3 jenis komponen, yaitu input, process, dan output. Udah tau kan? jadi saya gak perlu detil2 ngebahas hal ini =P Nah, alat input yang sangat sering dijumpai kalau ngeliat sebuah komputer adalah keyboard dan mouse. Sedangkan alat output yg juga bernasib sama adalah monitor. Jika fungsi keyboard adalah untuk memasukkan data dalam bentuk karakter-karakter, maka fungsi mouse adalah untuk menujuk sesuatu di layar.

Mouse bisa dikategorikan sebagai suatu alat interaksi tidak langsung (indirect interaction device). Mengapa? Karena tempat dimana kita memainkan mouse dan tempat dimana kita melihat hasilnya adalah dua buah bidang yang berbeda. Selain itu, mouse juga sebenarnya diwakilkan oleh sebuah penunjuk yang tampil di layar. Menggerakkan mouse sama saja dengan menggerakan penunjuk tersebut yang lalu benar-benar digunakan untuk menunjuk sebuah objek di layar.

Kalau ada alat interaksi tidak langsung, tentu saja ada alat interaksi langsung (direct interaction device). Contoh yang mungkin cukup sering ditemui adalah touch screen. Sepertinya cukup banyak ditemui, mulai dari alat peraga di toko sampai ponsel yang ada di saku banyak orang. Disebut langsung karena kita bisa secara langsung menunjuk objek yang tampil di layar. Tidak perlu “diwakilkan” dengan alat lain seperti mouse.

Biasanya, touch screen hanya bisa mengenali satu buah jari, alias penunjuk. Jika ada lebih dari satu jadi yg menyentuh layar, maka si alat akan tetap menganggapnya hanya satu buah sentuhan (dengan berbagai cara yg dimiliki, entah seperti apa pastinya). Pada dasarnya sebuah sentuhan ini hanya menggantikan fungsi mouse yang ada di komputer. Berbeda dengan touch screen biasa, sebuah multi-touch display memiliki kemampuan untuk membedakan setiap sentuhan yang ada. Jika ada lebih dari satu sentuhan, maka seluruh sentuhan yang ada akan dikenali dan dikirim ke aplikasi yang ada.

Kalau yang tadi itu adalah multi-touch display, lalu apakah itu multi-touch table? Singkatnya, multi-touch table adalah multi-touch display yg dibuat dalam bentuk meja. Sebuah layar datar horizontal, ya seperti meja lah tentunya =D Selain dalam bentuk meja, multi-touch display juga bisa dibuat vertikal sehingga berupa dinding.

Apa keuntungan dari menggunakan alat semacam ini? Jika multi-touch display ini dibuat berukuran besar, maka alat ini memungkinkan lebih dari satu orang untuk bekerja bersama-sama, berkolaborasi menggunakan aplikasi yang ditampilkan. Sebagai contoh, sebuah permainan puzzle bisa diselesaikan oleh beberapa orang sekaligus pada sebuah aplikasi dan layar yang sama.

Sebelum nulis macem2 lebih jauh, saya mau ngasih sebuah video yg nampilin multi-touch table.

Sekian dulu juga tuk tulisan pertama ini. Nantikan tulisan saya berikutnya mengenai multi-touch table/display/aplication/apalah =D

1 thought on “Multi-touch”

Leave a Reply