Nilai default

Mengapa pengguna harus sampai perlu menghitung hari?

**ABN AMRO**

Tidak ada acara menghitung hari karena seluruh daftar mutasi bisa langsung dilihat di halaman muka. Selain itu, seluruh transaksi **dari awal buka rekening** sampai **transaksi terakhir** bisa dilihat dan ditelusuri. Asik sekali bukan?

ABN AMRO - Mutations

Yak, itu daftar kapan saya ke supermarket.. haha..

**BNI**

Tidak perlu memasukkan batas hari. Seperti yang tertulis di sana, 30 transaksi terakhir atau transaksi dalam satu bulan terakhir akan ditampilkan.

BNI - Mutasi

**Bank Mandiri**

Nilai default sudah lumayan walau cuma ngasih 3 hari.

Bank Mandiri - Mutasi

**BCA**

Paling merepotkan.

BCA - Mutasi

Silakan baca juga

Bagaimana menurut Anda?

6 thoughts on “Nilai default”

  1. Yang gw tangkep:
    1. Perlu belajar Usability Design.
    2. Neither of them was a Mac user nor subscribed to KDE planet.
    3. Kebanyakan pake Windoze
    4. They were smoking crack?

    Atau,
    5. Menurut sisi legal, seseorang harus secara sadar saat melakukan transaksi, jadi disusahin biar orang *secara* *sadar* mengisi itu form.

    Yah, gitu, deh. Cuma satu yang bisa gw simpulkan: Bank yang lo pake banyak bener, Iang… ditunggu MAKAN2x ™ xD

  2. @jepe: ngeliat daftar transaksi itu termasuk melakukan transaksi juga ya?

    menurut gw, sama seperti kata ronny haryanto itu, yg kurang dari developers ini adalah nyobain menjadi pengguna.

    mengenai masalah kesadaran, mungkin emang cuma abn amro yang menampilkan daftar transaksi tanpa diminta. Namun, kalau membandingkan 3 bank sisanya, sepertinya hanya bni yang menyediakan cara yg paling mudah untuk penggunanya. Kalau sudah tahu yg bisa dilihat hanya transaksi sebulan terakhir, ya sudah sajikan saja itu. Tidak perlu menyuruh pengguna sampe susah-susah menghitung hari.

    Biar pengguna bisa selektif? apa gunanya? benwit? mending urusin si facebook deh tu kalo ngomongin benwit.

    bweh.. dr 4 tabungan itu, cuma 1 tabungan yg gw buka dengan keinginan dari hati gue sendiri xD bca terpaksa tuk transaksi dg orang2, mandiri juga terpaksa demi jalur masuk duit beasiswa gue, abn amro ya terpaksa krn gw tinggal di belande sini. nah kalo yg bni ini sifatnya “sekalian” krn dulu gw kerja di Fasilkom/PPSI dan kebetulan gw mo bikin tabungan baru.

  3. Untuk BCA, gampang kok sebenarnya, periode mutasi selalu di default hari ini. Misal sekarang tanggal 22 Juni, ya ditulis dari tanggal 22 Juni – 22 Juni. Saya selalu klik 22 Juni awal dan ubah ke Mei. Dan 30 hari transaksi keluar. Sebenarnya, fitur ini untuk memudahkan kiriman uang yang masuk, karena ada saja orang yang dalam 1 hari bisa puluhan kali uang keluar masuk.

    Jalan terbaik menurut saya, ya di filter saja. Bagi yang jarang ada mutasi/transaksi per hari, pastinya menyebalkan. Namun, kalau seperti bos saya di kantor tiap hari banyak mutasi, fitur filter seperti ini, sangat membantu.

    Salam.
    duratia.net

  4. @duratia: thx tuk masukannya.

    make sense emang kalo tuk yg punya volume transaksi banyak.

    Tapi apakah semua orang seperti itu? Seharusnya ada cara yg bisa menguntungkan kedua jenis pengguna ini.

    Kalau ABN AMRO (saya membandingkan dg ini krn menurut saya pendekatan yg diambil oleh mereka lebih masuk di akal), beberapa transaksi terakhir akan ditampilkan scr otomatis di halaman mutasi. Kalau butuh lebih, ada fasilitas pencarian mutasi berdasar tanggal, bahkan jumlah uang yang keluar/masuk.

  5. @iang:
    Hahaha… gitu, toh?

    Yah seperti gw bilang, gak langganan KDE planet sih….

    @duratia:
    Kalo itu mah masalah di kodingan view-nya aja.

    Pilih threshold, tampilkan ringkas kalo misalnya jumlah transaksi melebihi threshold (khan ada teknik penampilan data yang namanya pager). Beri pilihan kepada pengguna untuk menampilkan detail atau setidaknya tambahkan opsi filter.

    That’s the logic of behind intellisense, the system able to give what user mostly want to see and provide a way/mechanism to customize it.

    Ini asumsinya kalo pada ngoding dengan MVC.

Leave a Reply