Ass

Ada yg ngerti maksud judul tulisan saya ini?

Menyebut sebuah hewan, menunjukkan bagian badan tertentu, atau bahkan mengucapkan salam?

Jika ingin mengucapkan salam, mengapa saya sering melihat atau menerima orang yang menyingkat salam menjadi sebuah kata yang mungkin berkonotasi tidak baik. Padahal kalimat salam itu sendiri adalah sebuah kalimat yang indah, sebuah doa yang menunjukkan rasa kasih sayang.

السلام عليكم atau As-Salāmu ‘Alaykum atau dapat diterjemahkan menjadi Semoga keselamatan untukmu.

Selain disingkat (?) menjadi kata tadi, saya jg suka melihat/menerima singkatan aslm. Mungkin ini lebih baik dibanding yg sebelumnya. Namun tetap saja, mengapa harus disingkat? oke mungkin disingkat karena pesan tsb dikirim melalui SMS yang setiap hurufnya berharga mahal. Namun andai pesan tersebut dikirim via email?

Menghemat bandwidth kah? Menurut saya, akan lebih baik jika lalu lintas di Internet penuh akan hal2 baik seperti ini dibanding pesan2 sampah seperti Spam maupun email2 yang penuh dengan Jorok Posting.

Kembali ke masalah penulisan salam. Saya punya satu saran jika memang tetap ingin atau terpaksa mengirim pesan salam dalam versi singkat. Kata ini singkat, padat, jelas, dan benar. Kata ini saya dapat (atau sadari) ketika mendapat email dari pengembang Minbar dan Arabeyes. Apa itu?

SALAM

Mungkin kata tersebut lebih panjang 1 huruf dibanding “aslm” dan 2 huruf dibanding “ass”. Namun kata tersebut tidak mengalami penyingkatan apa2, tidak butuh penafsiran lebih, tidak butuh imajinasi untuk menafsirkan “ass” menjadi sebuah salam, karena memang katanya sudah seperti itu dari sononya.

Jadi, masih mau menyingkat salam menjadi kata yang aneh2?

9 thoughts on “Ass”

  1. setuju

    mungkin ada yg belom ngeh ama bhs inggris jd wajar. dulu temen kantor gw ada yg ngirim gw “asw3”. setelah beberapa ribu milidetik gw nyadar apa artinya :))

  2. kalo menurut lo penyingkatan “slm” masih bisa diterima gak? masih patuh sama bahasa arab, tapi ngomong-ngomong orang pada ngerti gak ya?

Comments are closed.