Koninginnedag

Queen's Day 2008

Di Belanda, tanggal 30 April adalah hari libur nasional yang dibuat rangka memperingati hari ulang tahun Ratu. Hari tersebut dikenal dengan nama Koninginnedag atau Queen’s Day.

Pada Koninginnedag, seluruh rakyat bergembira bersama-sama, berpesta di jalanan. Setiap orang berpakaian oranye dan saling mempetontonkan kostum-kostum uniknya. Pasar “kaget” ada di mana-mana karena pada hari itu semua orang bisa berjualan dengan bebas. Bagi yang ingin mempertunjukkan atraksi, bisa melakukannya di jalan dan ditonton orang banyak.

Perayaan terbesar kabarnya ada di Amsterdam. Pusat kota ditutup dari angkutan umum walau di area sekitarnya, angkutan umum seperti bis, tram, dan metro masih berjalan walau ada perubahan rute. Semua orang berkumpul di pusat kota, bergembira bersama, mengoranyekan suasana. Kanal-kanal juga dipenuhi oleh barisan kapal yang dipenuhi oleh orang-orang yang menunjukkan ekspresinya. Jalanan menjadi sangat padat dipenuhi oleh orang-orang, entah yg memang sedang berjalan, berjualan, berbelanja, nyanyi-nyanyi, joged-joged, dan lain-lain. Anak-anak juga banyak yang ikut serta memeriahkan suasana dengan berjualan ataupun mempertontonkan aksinya, seperti bermain biola, membaca dongeng, sampai menari balet.

Singkat kata, rame!

***

Foto-foto bisa dilihat di Flickr