Ukuran Repositori Ubuntu

Barusan saya mencoba mencari tahu berapa ukuran repositori Ubuntu untuk setiap komponennya dari seluruh versi yang sudah rilis maupun yang akan rilis untuk arsitektur i386. Berikut ini adalah grafiknya.

grafik ukuran repositori ubuntu

Dapat dilihat bahwa ukuran repositori Ubuntu selalu mengalami kenaikan, dari 8.192 MiB pada rilis 4.10 “Warty Warthog” sampai 18.578 MiB pada repositori Gutsy Gibbon (tanggal 08/08/2007). Ukuran setiap komponen juga mengalami peningkatan kecuali pada komponen Restricted yang cenderung stabil. Isi dari komponen Restricted ini memang hanyalah berupa driver-driver proprietary yang masih didukung secara resmi oleh Ubuntu.

Data di atas didapatkan dengan cara menjumlahkan ukuran paket yang tertera pada berkas Packages (daftar isi paket) yang ada pada setiap repositori. Aplikasi debmirror digunakan untuk mempermudah pengambilan data. Data untuk rilis Dapper, Edgy, Feisty, dan Gutsy (08/08/2007) diambil dari http://kambing.ui.edu/ubuntu sedangkan data untuk rilis sebelumnya diambil dari http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/. Seluruh data diambil pada tanggal 8 Agustus 2007.

7 thoughts on “Ukuran Repositori Ubuntu”

  1. menunjukkan bahwa ubuntu udah jadi OS sendiri .. dan bukan lagi debian variant .. kaya’nya sekarang udah gak ada lagi kompabilitas antar paket debian asli dan ubuntu (sekalipun dua2nya pake .deb)

  2. beh….uakeh toh
    aku urung duwe repo gutsy
    ono gratisan nggak??
    maklum arek kost, gak tau nduwe duit
    gawe maem wae gak cukup, op maneh gawe tuku wind**s…eh, ubuntu maksudku:))

Comments are closed.